Memilih Sekolah Untuk Anak Usia Dini



Disaat anda sudah merasa perlu menyekolahkan anak Anda untuk dapat belajar dan memperolah stimulasi sesuai perkembangannya, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk memilih sekolah terbaik bagi si kecil ?
Masa kanak-kanak adalah masa bermain, dalam masa inilah sesungguhnya seorang anak menguntai pengalaman yang merupakan suatu proses pembelajaran tersendiri bagi kehidupannya kelak.
Sekolah yang tepat untuk anak belum tentu sekolah yang memiliki gedung megah ataupun fasilitas yang mewah, akan tetapi lebih kepada kebutuhan yang diperlukan seorang anak untuk dapat mengembangkan potensi dirinya, mendorong kemandirian, mengembangkan kemampuan sosial dan emosinya sehingga dapat mencapai optimalisasi tumbuh kembang seorang anak. Hal-hal yang menjadi pertimbangan diantaranya adalah :

METODE BALAJAR
Melihat kebutuhan anak akan bermain sambil belajar, banyak lembaga pendidikan prasekolah mencoba menerapkan metoda pengajaran yang terbaik untuk anak. Beberapa metode belajar yang diterapkan oleh sekolah adalah :

  • Experimental Learning
Yaitu konsep belajar melalui pengalaman, dimana stimulasi pada anak diberikan melalui pengalaman bermain dan anak diberi kesempatan untuk melakukan eksplorasi langsung terhadap dunia disekitarnya.

  • Active Learning
Metode belajar dimana anak diajak untuk selalu kreatif menciptakan beraneka kreasi dari bahan-bahan yang ada disekitarnya.

  • Habbit Forming
Atau metode pembiasaan, yang diterapkan pada kegiatan anak ketika di sekolah sehingga akan menjadi suatu kebiasaan yang diterpkan anak dimanapun berada.

  • Bilingual
Yaitu pembelajaran bahasa dengan memperkelkan bahasa asing kepada anak seperti bahasa inggris, arab dan lain-lain.

  • Beyond Center and Circle Time (BCCT)
Yaitu kegiatan belajar yang berpusat kepada kebutuhan anak, guru berperan sebagai fasilitator dan motivator. Metode ini memupuk kemandirian, keberanian, sekaligus kreatifitas anak.


LOKASI
Jarak antara sekolah dengan rumah merupakan hal yang harus dipertimbangkan karena jangan sampai anak terlalu lelah menempuh perjalanan jauh setiap akan bersekolah.

FASILITAS
Sekolah yang mempunyai fasilitas memadai bagi kebutuhan belajar anak, dengan lingkungan yang bersih dan sehat adalah pilihan bijak.

STAF PENGAJAR
Sebagai fasilitator dan mitovator anak ketika belajar, seorang pendidik haruslah memiliki pribadi yang sesuai kriteria, antara lain ramah, sayang kepada anak, santun, sabar, kratif, cerdas, dan bisa menyesuaikan diri dengan anak-anak.

BIAYA
Biaya pendidikan merupakan suatu hal yang perlu dicermati, sesuai atau tidak dengan pelayanan yang diberikan dan yang terpenting sesuai dengan kemampuan keuangan orang tua.






(all postings taken from : TIARA CHANDRA YOGYAKARTA)







Comments
One Response to “Memilih Sekolah Untuk Anak Usia Dini”
  1. Bagi Ilmu says:

    terima kasih gan atas artikelnya...berguna sekali untuk saya dan anak saya...saya boleh menambahkan sedikit g?
    aspek akhlak harus lebih ditanamkan apapun petode yang diberikan ..tetaplah aspek akhlak menjadi kunci utama bbagi mereka kelak dunia akhirat...betul g ga???..niche share gan...
    please visit my blog : http://education-s.blogspot.com

Leave A Comment

DUNIA ANAK-ANAK

Dunia anak-anak adalah dunia kita semua, saat dimana kita tumbuh dan berkembang. Haruskah kita biarkan sia-sia, tentu tidak. Anak adalah amanah yang harus kita kembalikan kepada Yang Punya dalam keadaan yang semula, yaitu Fitri.
Berikan yang istimewa kepada mereka, yang sedang berada dalam Dunia Anak-anak
Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About Me

PRODUK ORGANIK NASA
Lihat profil lengkapku